Senin, 04 Oktober 2010

Suhi Udara

Perubahan suhu udara disekitar kita akan mempengaruhi semua sifat-sifat benda atau zat. Panas udara yang kita rasakan adalah akibat dari radiasi bumi yang telah menerima panas dari matahari, sehingga lapisan udara dekat kulit bumi akan lebih panas daripada yang jauh dari kulit bumi.

Menurut penyelidikan, setiap kenaikan 1000 feet (304,8 meter), suhu udara berkurang 1,98 °C. Untuk memudahkan penghitungan, penurunan suhu ini dibulatkan menjadi 2 °C. Dan suhu udara di sea level ditetapkan 15 °C.

Rumus menghitung suhu udara di ketinggian sebagai berikut.
















Coba kalian kerjakan soal ini : Tentukan suhu udara pada ketinggian 10000 feet !

Dalam suatu penerbangan, suhu udara disekitar pesawat akan sangat berpengaruh terhadap pesawat terbang dan segala peralatannya dan juga terhadap manusia. Suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi kerja dari pesawat berikut peralatannya, khususnya untuk motor pesawat dan alat-alat elektronika yang sangat dipengaruhi oleh suhu yang sangat tinggi.

Demikian juga untuk manusia yang ada dalam pesawat yang sangat dipengaruhi oleh perubahan suhu yang besar. Untuk itu, pesawat terbang perlu dipasang AC untuk mengatur suhu yang nyaman bagi manusia yaitu antara 20 °C sampai dendan 23 °C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar