Senin, 04 Oktober 2010

Aerodinamika

Aerodinamik berasal dari bahasa Yunani, yaitu aero artinya udara, dan dynamic yang artinya kekuatan atau tenaga. Aerodinamika adalah ilmu pengetahuan mengenai akibat-akibat yang ditimbulkan udara atau gas-gas lain yang yang bergerak.

Menurut pengertian ini jelaslah, didalam aerodinamika, benda-benda atau pesawat terbang dianggap diam, sedangkan udaranya bergerak. Atau bisa juga dibalik, pesawatnya yang bergerak, sementara udaranya diam. Sebagai akibatnya akan timbul gaya-gaya dimana salah satu gaya tersebut berperan untuk mengangkat benda-benda atua pesawat terbang agar dapat melayang atau terbang diudara. Jelaslah gaya tersebut harus dapat mengatasi berat benda atau pesawat itu sendiri.

Pesawat terbang yang sedang melakukan gerakan-gerakan diudara tidak lepas dari gaya-gaya mekanika. Sifat-sifat udara dimana pesawat itu bergerak, tidak lepas pada ketentuan-ketentuan dalam fisika. Untuk menghitung besarnya gaya-gaya, kemampuan pesawat, tekanan udara, dsb, jelas harus memakai matematika.

Jadi memahami aerodinamika, harus pula memakai sebagian ataupun keseluruhan dari mekanika, fisika, dan matematika. Didalam pengetahuan penerbangan sendiri, aerodinamika erat hubungannya dengan konstruksi pesawat terbang, tenaga penggerak, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar